Kamis, 16 April 2015

Ciri-ciri Pediculus humanus (capitis dan corporis) untuk melakukan identifikasi adalah dengan melihat tubuhnya yang pipih dorsoventral, memiliki abdomen bersegmen, setiap segmen memiliki spirakel, memiliki 3 pasang kaki dan setiap kaki ujungnya memiliki cakar.

Siklus hidup Pediculus tidaklah mengalami metamorphosis sempurna layaknya nyamuk. Pediculus berkembang dari telur lalu menjadi nimfa (1-3) dan tahap dewasa.

               Gambar fase hidup Pediculus


Gambar mikroskopis perbedaan kelamin Pediculus

Untuk membedakan kelamin Pediculus dapat dibedakan dengan melihat alat kelamin pada bagian posteriornya, alat kelamin jantan berbentuk lancip (seperti huruf “V”) sedangkan betinanya seperti huruf “W”.
Spesies kutu lain yang merugikan manusia adalah Phthirus pubis. Phthirus pubis adalah serangga dari ordo Phthiraptera dan merupakan ektoparasit yang hostnya adalah manusia Kutu kemaluan menginfeksi daerah rambut kemaluan dan bertelur. (CDC, 2013).

1 komentar:

  1. mens titanium braclets (10x) - Stainless Steel - Titsanium
    mens titanium braclet rocket league titanium white octane (10x) · ford edge titanium 2021 10mm diameter (1.2m) · titanium money clip Size (15.2-30cm). 2mm. 0-30mm. mens titanium wedding rings · Size (15.1-30cm) · Material (Caps) titanium guitar chords 5-6mm. · Size (15.2-30cm). 2mm. 1.2m. Item 1

    BalasHapus